Jumat, 18 Desember 2009

( 18/12/09)

Sifat Kepimpinan Baginda Rasullah Saw Rosullah Saw adalah suri teladan kita dalam hal apapun termasuk dalam hal kepimpinan sebagaimana firman Alla SWT dalam Surat Al Ahzab ayat 21: “Sesungghnya telah ada pada diri Muhammad itu suri teladan yang baik bagimu yaitu bagi orang-orang yang mengharapkan rahmad Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” Dalam kaitan kepimpinan Rosullah telah memberikan suri tauladan sifat seorang pemimpin kepada kita sebagai berikut:

1. Sidiq (Benar) Kebenaran merupakan modal utama. Dari sinilah seorang pemimpin akan dinilai oleh banyak orang .Jika belum jadi pemimpin saja sudah tidak benar, orang tentu berpikir seribu kali dalam memilhnya sebagai pemimpin.

2. Tabligh (Menyampaikan) Seorang pemimpin harus selalu menyampaikan amanah yang dipercayakan kepadanya.Pemimpin itu harus menjadi pelayan bagi bawahanya dan selalu siap bersikap adil.

3. Amanah (Dipercaya) Dengan sifat ini pemimpin akan selalu berada di hati anak buah atau rakyatnya. Jika tidak dapat mengemban kepercayaan dari rakyat tentu alamat buruk mengarah padanya.

4. Fathonah (Cerdas) Seperti dalam sifat Rosullah,beliau sebagai pemimpin dikenal dengan kecerdasan dan ide-idenya. Dengan sifat ini pemimpin dapat mengemban tugas kepimpinannya dengan baik.Sekarang coba mari kita pikirkan apa jadinya jika seorang tidak mempunyai kecerdasan dan ide-ide yang gemilang tentu gagal mengemban jabatannya.

“Dajikanlah ini sebagai suatu pelajaran dalam menuju kesempurnaan”

2009/ satriya teguh r

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda